Rabu, 31 Oktober 2012

Berikut ini Gambar skema Membuat Saklar Share USB Printer beserta komponen dan cara pembuatannya



Rangkaian Saklar USB Printer. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat tugas untuk mencetak/print hasil rapat. File itu masih tersimpan pada komputer di ruangan bos sebagai server. Sialnya, komputer server sudah dimatikan si bos, si bos sendiri sudah pulang duluan. Saya gak bisa masuk ke ruangan bos karena kuncinya dibawa sama dia. Terpaksa pekerjaanku ditunda, namun setelah sampai rumah saya mencari akal supaya biarpun komputer server mati, tapi tetap bisa nge-print dari komputer lain. Atau cara yang lain lagi.

Cara yang paling umum untuk berbagi printer USB antara dua PC adalah dengan menggunakan satu mesin sebagai print server. Namun, itu tidak selalu mudah karena itu berarti bahwa PC server harus selalu ON/menyala jika Anda ingin mencetak sesuatu. Ini bisa menjadi gangguan nyata jika Anda hanya ingin cepat menjalankan mesin lain dan mencetak sesuatu. Ini juga berarti bahwa dua PC harus satu jaringan bersama, baik melalui hub / router atau langsung melalui kabel crossover ethernet.



Cara lain adalah dengan menggunakan server USB cetak khusus. Namun, seperti sebelumnya, ini harus terhubung ke jaringan ethernet, bersama dengan PC. Perangkat tersebut juga perlu power supply mereka sendiri.

Akhirnya saya menemukan Rangkaian Saklar Share USB Printer. Perangkat sederhana ini memungkinkan dua komputer untuk berbagi satu USB printer atau beberapa perangkat USB lain, seperti flash drive eksternal, card reader atau scaner. Sebuah switch rotary memilih PC yang ingin Anda gunakan dengan perangkat USB, sementara dua LED menunjukkan PC yang dipilih.






Di situlah perangkat sederhana ini hadir.  Pada dasarnya kotak/box saklar 2 arah memungkinkan Anda secara manual beralih USB printer Anda dari satu PC ke yang lain, sesuai kebutuhan. Switching dilakukan menggunakan rotary switch, sementara dua LED di panel depan mengindikasikan PC yang telah terhubung ke printer.

Metode ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Anda tidak perlu jaringan untuk dua komputer Anda. Kedua, Anda dapat mencetak dari mesin dengan komputer yang lain dimatikan. Dan ketiga, perangkat tidak memerlukan catu daya.

Rangkaian Saklar Share USB Printer ini menggunakan saklar kutub S1a-S1c untuk memilih USB socket CON1 atau CON2 dan menghubungkan pin ke CON3. Kutub keempat (S1d) memilih LED1 atau LED2, untuk menunjukkan PC yang telah dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar