Senin, 19 November 2012

Fungsi-Fungsi String VB.Net dan Download Source Code

Fungsi-fungsi String



Dalam Visual Basic terdapat banyak fungsi yang digunakan untuk mengolah data bertipe string. Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi-fungsi string yang sering digunakan.

LCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi kecil semua. Contoh:
s = LCase("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "aku bisa"

UCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi besar semua. Contoh:
s = LCase("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "AKU BISA"

Left(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kiri sebanyak n. Contoh:
VB 6.0, s = Left("Aku Bisa", 3)
VB .NET, s = Strings.Left("Aku Bisa", 3)
maka nilai s adalah "Aku"

Right(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kanan sebanyak n. Contoh:
VB 6.0, s = Right("Aku Bisa", 3)
VB .NET, s = Strings.Right("Aku Bisa", 3)
maka nilai s adalah "isa"

Mid(x,m,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari karakter ke m sebanyak n. Contoh:
s = Mid("Aku Bisa", 2, 2) , maka nilai s adalah "ku"

LTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dari string x.
Contoh: s = LTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "Aku Bisa     "

RTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kanan dari string x.
Contoh: s = RTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "     Aku Bisa"

Trim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dan kanan dari string x. Contoh:
s = Trim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

Len(x) , digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari string x. Contoh:
s = Len("Aku Bisa") , maka nilai s adalah 8.




String(n,x) , digunakan untuk membuat karakter x sebanyak n. Contoh:
VB 6.0,  s = String(10, "A")
VB .NET, s = New String("A", 10)
maka nilai s adalah "AAAAAAAAAA"

Space(n) , digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh:
s = Space(10) , maka nilai s adalah "          "

Asc(x) , digunakan untuk mengetahui nilai ASCII dari karakter x. Contoh:
s = Asc("A") , maka nilai s adalah 65

Chr(x) , digunakan untuk mengetahui karakter dari nilai ASCII x. Contoh:
s = Chr(65) , maka nilai s adalah "A"

InStr(x,n) , digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x. Contoh:
s = InStr("Aku Bisa", "u") , maka nilai s adalah 3

StrComp(x,y,n) , digunakan untuk membandingkan string x dan string y berdasarkan n. Jika n bernilai 0 maka akan dibandingkan secara case-sensitive, sedangkan jika n bernilai 1 maka akan dibandingkan secara biasa. Contoh:
s = StrComp("Aku", "aku", 0) , maka nilai s adalah -1
s = StrComp("Aku", "aku", 1) , maka nilai s adalah 0
Khusus untuk fungsi ini, jika menghasilkan nilai 0 maka dianggap sebagai True, dan jika menghasilkan nilai selain 0 maka dianggap False.

StrConv(x,n) , digunakan untuk mengubah huruf dalam string x berdasarkan nilai n. Contoh:
s = StrConv("Aku Bisa", 1) , maka nilai s adalah "AKU BISA"
s = StrConv("Aku Bisa", 2) , maka nilai s adalah "aku bisa"
s = StrConv("aku bisa", 3) , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

StrReverse(x) , digunakan untuk membalikkan posisi huruf dalam string x. Contoh:
s = StrReverse("Aku Bisa") , maka nilai s adalah "asiB ukA"

Replace(x,m,n) , digunakan untuk menggantikan karakter m dalam string x dengan karakter n. Contoh:
s = Replace("Kamu Juga Bisa", "a", "o") , maka nilai s adalah "Komu Jugo Biso"

Split(x,n)(i) , digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i. Contoh:
s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(0) , maka nilai s adalah "Kuda"
s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(1) , maka nilai s adalah "Kerbau"
s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(4) , maka nilai s adalah "Macan"

Join(x,n) , digunakan untuk menggabungkan rangkain string x yang dihubungkan dengan string n. Contoh:
VB6, s = Join(Array("Hani", "Indah", "Budi", "Herman"), " & ")
VB.NET, s = Join(New Object() {"Hani", "Indah", "Budi", "Herman"}, " & ")
maka nilai s adalah "Hani & Indah & Budi & Herman"



Fungsi-fungsi diatas juga dapat djadikan fungsi lain diantaranya adalah :
Mengecek keberadaan string dalam string. Misalnya Anda ingin memeriksa ada tidaknya string "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
If CBool(InStr("anda berhasil", "a")) Then
'jika ada
Else
'jika tidak ada
End If
Menghitung karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
t = "anda berhasil"
s = Len(t) - Len(Replace(t, "a", ""))
maka nilai s adalah 3

Menghitung jumlah kata dalam string. Misalnya Anda ingin menghitung jumlah kata dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
s = UBound(Split("anda berhasil", " ")) + 1
maka nilai s adalah 2

Menghilangkan karakter tertentu dalam string. Misalnya Anda ingin menghilangkan karakter "a" dalam string "anda berhasil", maka kodenya adalah :
s = Replace("anda berhasil", "a", "")
maka nilai s adalah "nd berhsil"

Mengisi variabel array dinamis dengan string. Contoh kodenya sebagai berikut :
Dim Binatang() As String
Binatang = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")
maka variabel Binatang memiliki 5 index (0-4) dengan rincian:
nilai Binatang(0) = "Kuda"
nilai Binatang(1) = "Kerbau"
nilai Binatang(2) = "Sapi"
nilai Binatang(3) = "Kambing"
nilai Binatang(4) = "Macan"

Download Source Code disini



CATATAN : Dalam beberaa fungsi string, terdapat optional property 'CompareMethod'. Bila properti ini bernilai Binary, maka fungsi tersebuat melakukan metode case-sensitive terhadap string. Sedangkan bila bernilai Text, maka fungsi tersebuat tidak melakukan metode case-sensitive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar