Minggu, 06 Mei 2012

Power Amplifier Untuk Multimedia Komputer

Skema Membuat Power Amplifier Untuk Multimedia Komputer beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Power Amplifier Untuk Multimedia Komputer. Setiap manusia mempunyai sifat tersendiri, ya gak? Ada yang ingin serba instan dan ada juga yang kreatif. Kalo orang hidupnya tidak mau susah, tidak mau cape sedikit saja, jalan pintasnya ya beli di toko. Instan kan? Ada juga orang yang ingin memenuhi beberapa kebutuhannya dengan hasil kreasinya sendiri. Selain puas, dia merasa bangga dengan hasilnya tersebut. Misalnya saja merakit power amplifier.


Power amplifier yang sudah jadi bisa dengan mudah didapat di toko atau pasaran. Namun kadang nggak sesuai dengan selera setelah sekian lama digunakan di rumah. Ada kekurangan atau cacatnya. Nah jalan tengahnya ya merakit sendiri. Selain biaya bisa diminimalisir kita pun bertambah wawasan yang didapat dari praktek tersebut. Kali ini kita coba yuuk membuat Rangkaian Power Amplifier untuk Multimedia Komputer. Gambar skemanya saya tampilkan di bawah ini.
Jantung dari Rangkaian Power Amplifier untuk Multimedia Komputer tersebut adalah IC TDA2822M. Sirkuit ini didukung oleh pasokan DC 5V tersedia dari port USB pada PC. Bila daya saklar S1 membalik ke posisi ‘on’, 5V power supply diperluas ke sirkuit dan memperkuat indikator  LED1 merah menyala seketika. Resistor R1 adalah gelombang arus limiter dan kapasitor C1 dan C4 bertindak sebagai buffer. Cara kerja dari rangkaian tersebut adalah sederhana. Sinyal audio dari audio PC socket / soket headphone diumpankan ke rangkaian penguat melalui komponen R2 dan C2 (kiri saluran), dan R3 dan C3 (saluran kanan). Potensiometer VR1 bekerja sebagai pengendali volume untuk kiri (L) saluran dan potensiometer VR2 bekerja untuk saluran kanan (R). Pin 7 dari TDA2822M menerima sinyal suara saluran kiri dan pin 6 menerima sinyal melalui VR1 dan VR2. Sinyal diperkuat untuk mendorong pengeras suara kiri dan kanan masing-masing tersedia di pin 1 dan 3 dari IC1. Komponen R5 dan C8, C10 dan R6 dan membentuk jaringan Zobel tradisional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar