Minggu, 06 Mei 2012

Rangkaian Pemanggil Ikan

skema Rangkaian Pemanggil Ikan beserta komponen dan cara pembuatannya
Rangkaian Pemanggil Ikan. Mancing merupakan satu kegiatan yang didasari pada hobby karena tidak semua orang suka mancing. Mungkin bagi orang yang tidak suka, mancing itu suatu kegiatan yang hanya membuang buang waktu saja.

Sah sah saja kalau orang punya anggapan seperti itu, tapi lain ceritanya bagi yang hobby. Kegiatan mancing justru saat yang di tunggu tunggu. Hampir semua mania mancing punya jadwal yang pasti untuk sekedar menyalurkan hobbynya. Di sisi lain mancing sendiri bisa melatih pikiran untuk tetap fokus. Belajar bersabar dan terus bersabar karena kegiatan memancing pada dasarnya kegiatan menunggu, ya kita harus tetap bersabar menunggu umpan kita di sambar ikan. Sedangkan kita sendiri gak tau kapan ikan mau menyambar umpan kita ?

Tapi, don’t worry! Elektronika ini memang merupakan suatu unit yang mampu untuk dipakai apa saja kalau kita mengerti cara merakitnya. Dan dari sifatnya yang sederhana sekali sampai pada yang paling rumit sekali. Dan kali ini kita akan mencoba untuk membuat suatu unit/perangkat yang fungsinya untuk memanggil ikan. Dan bagi yang mempunyai hobi memancing tentu saja akan sangat interes dengan Rangkaian Pemanggil Ikan ini. Karena cuma dengan mengaktifkan rangkaian itu akan terdengar suara klik … klik … klik dan ikan akan berkumpul di sekitarnya. Dan tentunya suara itu tidak akan mampu kita dengar, karena unit ini hanya dikhususkan dan dirancang untuk telinga ikan-ikan bukan untuk telinga manusia. Bentuk dari pada rangkaian ini sangat sederhana dan mudah untuk dirakit sendiri.


Komponen-komponen yang diperlukan :

R1          =   2K5

R2         =   27K

C1, C2  =  50uF/25 Volt

T1         =   HEP 230

Tr         =   IT 191

E1         =   earphone

S1         =   sakelar mini

Sedangkan earphone yang kita gunakan untuk Rangkaian Pemanggil Ikan itu adalah merupakan earphone tipe kristal. Jadi jangan menggunakan earphone yang tipenya biasa. Dan untuk sumber daya yang diperlukan cuma sekitar 3 – 4 Volt DC. Maka kita di sini dapat menggunakan baterei kering (baterei biasa).

1 komentar:

  1. Earphone kristal bentuknya kayak apa gan, biasanya harga brapa ?

    BalasHapus